cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
hilda.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
jurnal.deiksis@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Deiksis
Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and literature education focused on Language Learning and Indonesian Literature, Class Action Research (CAR) of the teaching of Language and Indonesian Literature, Indonesian Linguistics and Literature, Linguistic and Literary analysis as well as related topics. All articles are peer-reviewed by at least two peer-reviewers. Deiksis is managed to be issued twice in every volume. The scope of Deiksis is Indonesian Language and Literature Learning Model, Assessment and Evaluation of Teaching Indonesian Language and Literature, discourse analysis, pragmatics, anthropolinguistics, language and culture, dialectology, language documentation, cognitive linguistics, language education, translation, language planning, psycholinguistics, sociolinguistics and other scientific fields related to language studies.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 02 (2017): Deiksis" : 16 Documents clear
Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa dengan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok Prita Pantau Putri Santosa
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.082 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1172

Abstract

The goal of this research is to analyse and prove the correlation between grammar mastery and students’English narrative writing skill at the 11th grade of SMK Negeri 2 Depok. Research data was collected by giving multiple cohoice tests of grammar and narrative writing skill. Furthermore, the data was analyzed quantitatively in order to know correlation coefficient, determination coefficient and signifinancy coefficient as part of hypothesis test. Data analysis was conducted with ? = 0,05. Based on the result of hypothesis test, the researcher has found the significant correlation of grammar mastery and  students’ English narrative writing skill.  Kata Kunci: Penguasaan Tata Bahasa, Ketrampilan Menulis Narasi
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris Vickry Ramdhan
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.226 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1299

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Mengetahui pengaruh tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap Pemhaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data menggunakan instrument: tes, analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi dan statika inpresial yaitu untuk mencari koefisien korelasi dengan uji t. Proses penelitian ini berlangsung hampir 1 bulan dimana peneliti melakukan tes langsung di kedua kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Hasil menunjukkan; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 12,281. Secara bersama-sama penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 34,3 % terhadap variable pemahaman membaca teks narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan th = 3,349. Variabel penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 21,89 % dalam meningkatkan  pemahaman membaca teks narasi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,027 < 0,05 dan th = 2,287. Variabel penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 12,44 % dalam meningkatkan  pemahaman membaca teks narasi.Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Tata Bahasa, Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris
Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan Melalui Model Pembelajaran Teknik CIRC ( Cooperative Integrated Reading Composition ) Romiana Magdalena
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.17 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1605

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan melalui model Pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC). Subjek penelitianini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Telaga Murni Cikarang Barat semester dua Tahun 2011/2012. Data dikumpulkan melalui beberapa cara yakni : observasi, tes awal, latihan di kelas, catatan kolaborator, dan tes akhir. Berpijak pada tes awal peneliti membuat rencana tindakan untuk kemudian di implementasikan melalui langkah- langkah dalm siklus- siklus guna meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks bacaan siswa. Teks akhir merupakan alat untuk mengevaluasi tindakan selama dua siklus. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, kolaborator, tes, latihan- latihan yang diberikan.Terdapat beberapa aspek penilaian yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan Bahasa Indonesia yakni : isi gagasan. organisasi, tata Bahasa dan EYD.Penelitian tindakan ini berlangsung dua siklus yang terdiri dari enam kali tatap muka dengan materi ajar sesuai dengan kurikulum . Penelitian ini dilakukan dua siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif Peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa dapat diamati melalui proses belajar mengajar dan hasil tes.  Kata kunci : menulis ringkasan teks, CIRC
Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanuts Pada Harian The Jakarta Post Friza Youlinda Parwis
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.792 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1384

Abstract

Membaca merupakan proses berpikir. Proses di mana pembaca harus terdahulu memikirkan arti kata perkata serta preposisi yang ada. Untuk dapat memahami bacaan pembaca (reader) dituntut untuk berpikir secara sistematik, logis, dan kreatif. Oleh karena itu, pembaca harus memiliki perbendaharaan kosakata yang baik agar dapat memahami maksud dari peneliti melalui bacaan yang ia baca. Penelitian ini pula bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang tersembunyi dibalik data-data berupa gambar kartun PEANUTS dari harian The Jakarta Post yang berisikan dialog singkat. Salah satu aspek penting dalam “membaca” adalah “comprehension” atau pemahaman. Dalam penelitian ini, peneliti menguraikan pokok bahasan utamanya tentang pemahaman membaca terutama dalam memahami bacaan dalam bahasa asing (Inggris). Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu: dengan langkah-langkah penelitian yang berusaha menjelaskan secara semantik dan pragmatik dari makna yang terkandung di dalam sebuah konteks dialog singkat yang dihubungkan dengan situasi masyarakat umumnya, dan pembaca usia pelajar pada khususnya.  Dalam proses membaca kartun PEANUTS, untuk dapat memahami bacaan yang berupa teks bahasa Inggris, pembaca harus memahami phrase, idiom, dan structure bahasa Inggris. Dengan membaca kolom kartun PEANUTS dari harian The Jakarta Post dan  menganalisis makna konteksnya, maka pembaca akan memiliki kemampuan lain dalam mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang lain pula.    Kata kunci : analisis makna kontekstual, kartun
Pengaruh Metode Bermain Peran dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Swasta di Jakarta Selatan) Wahyu Utama
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.544 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu menggunakan post-test only control group design. Variabel dalam penelitian ini yaitu: penerapan metode bermain peran sebagai variabel bebas, kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris sebagai variabel terikat, dan konsep diri siswa sebagai variabel moderator yang dibedakan menjadi konsep diri positif dan konsep diri negatif. Dengan demikian, desain analisis adalah factorial 2 x 2 karena setiap faktor dalam penelitian ini menggunakan 2 kategori. Hasil dari analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan, atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang diberi menggunakan metode bermain peran mikro dengan yang menggunakan metode bermain peran makro. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Fo = 6,584 dan Sig. = 0,012 < 0,05, sedangkan pada konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. Atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang memiliki konsep diri tinggi dengan yang memiliki konsep diri rendah. Dan dalam analisis ini tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan.Kata Kunci : Metode bermain peran, konsep diri, kemampuan berbicara
Realisasi Prinsip Kerja Sama dalam Percakapan Masyarakat Sedulur Sikep Pati Euis Kurniasih
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.643 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realisasi prinsip kerja sama dalam percakapan masyarakat sedulur sikep di Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang berasal dari percakapan masyarakat sedulur sikep didapatkan melalui studi lapangan dengan teknik pencatatan dan perekaman. Teori prinsip kerjasama Grice digunakan untuk menganalisis percakapan dan realisasinya dibagi kedalam pemenuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi pemenuhan percakapan dalam masyarakat sedulur sikep memenuhi empat maksim yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan cara. Hal ini menunjukkan bahwa percakapan mereka sesuai dengan fakta, bahasanya singkat, jelas serta respon antarpenutur yang relevan. Realisasi pelanggaran prinsip kerjasama meliputi maksim kuantitas, relasi dan cara. Pelanggaran ini menunjukkan bahwa tuturan yang diungkapkan masyarakat sedulur sikep mengandung informasi yang diulang sebagai bentuk penegasan, mengandung ambigu dan informasi yang tidak relevan. Ketiadaan pelanggaran maksim kualitas menunjukkan karakteristik dasar masyarakat sikep yang jujur.Kata Kunci: prinsip kerja sama, maksim Grice, Sedulur Sikep Pati
Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Membaca Siswa (Survei di SMK Jakarta Timur) Rosi Novayani Siregar
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.968 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1824

Abstract

The perposes of research are to find 1) The Effects of Reading Habit and Vocabulary Mastery Collaboratively Towards Student’s Reading Comprehension Skills. 2). The Effects of Reading Habit Towards Student’s Reading Comprehension Skills. 3). The Effects of Vocabulary Mastery Towards Student’s Reading comprehension skills. The research methodology that employed is Explanatory Survey Method and technique of data analysis that used in this research is regression analysis model.  The effect of independent variabel to dependent variabel. The statistic test used t-test and data analysis used correlation technique and multiple regression. The total sample of this research followed by 90 students.   Key word : Learning Model, Reading Habit, Student’s Descriptive Writing Skill
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar Fitria Iswari
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.22 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1375

Abstract

Pada saat ini mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran tidak wajib. Dimana hanya mendapatkan alokasi waktu 2 jam dalam seminggu. Dalam hal tersebut menyebabkan pencapainan pembelajaran berjalan sedikit lamban. Tidak hanya menggunakan metode pengajaran yang baik namun juga menyediakan media yang baik untuk kegiatan belajar megajar. Mata pelajaran bahasa inggris pada tingkat SD/MI menekankan pada pengenalan kosakata sebagai pondasi atau dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Dari hasil survey di beberapa sekolah di Depok dan Kecamatan Tajurhalang Jawa Barat, para guru masih menggunakan cara tradisional dalam mempelajari kosakata baru yaitu menggunakan daftar kosakata baik yang ditulis di papan tulis maupun yang dicetak dibuku pelajaran siswa. Tujuan penelitian ini untuk menemukan efektifitas pengembangan media belajar flashcard. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang serta melibatkan 80 siswa dari 4 kelas yang memiliki jenjang berbeda. Hasil dari penelitian ni menunjukan bahwa pengembangan media gambar berupa flashcard memeberikan hasil yang lebih baik daripada penggunaan media belajar sebelumnya, yaitu mampu meningkat sebanyak 44%( dar nilai rata – rata 24,3 berubah menjadi 68,3)Kata Kunci : Pengembangan, media, Flashcard, Bahasa Inggris
Pengaruh Persepsi Atas Profesionalisme Dosen dan Sarana Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Yolanda Matondang
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.355 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1541

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Akademi Litigasi Indonesia Jakarta Tahun 2013 dengan metode penelitian survei. Responden penelitian terdiri atas 100 mahasiswa D3 ALTRI Program Administrasi Peradilan, dipilih berdadarkan teknik sampel bertujuan(purposive sampling). Instrumen menggunakan angket untuk variabel persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar, sedangkan variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia menggunakan nilai jadi mahasiswa yang diperoleh dari kartu hasil studi(KHS) mahasiswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi. Uji statistika menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, secara bersama-sama persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia dengan Fhitung=18, 965 lebih besar Ftabel=3,12 dan nilai sig=0,000 lebih kecil 0,05. Persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar secara bersama-sama menyumbang sebesar 28,1% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia melalui persamaan regresi ganda Y=32,677+0,937X1+0,359X2 yang signifikan pada taraf 0,05. Kedua, persepsi atas profesionalisme dosen berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia dari pengujian diperoleh bahwa thitung (2,994)lebih besar ttabel (1,66). Persepsi atas profesionalisme dosen menyumbang sebesar 26,7% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Ketiga, persepsi atas sarana belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia berdasarkan pengujian diperoleh bahwa thitung (1,403) lebih kecil ttabel (1,66). Sarana belajar menyumbang sebesar 21,5% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia.Kata Kunci: persepsi, profesionalisme, dosen, sarana belajar, prestasi mahasiswa
Pengaruh Kemampuan Membaca dan Teori Sastra terhadap Kemampuan Menulis (Survei SMA Swasta Jakarta Timur) Nur Indah Sari
Deiksis Vol 9, No 02 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.488 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i02.1377

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kemampun Membaca dan Penguasaan Teori Sastra Terhadap Kemampuan Menulis (Survei SMA Swasta Jakarta Timur). Penelitian ini bertujan untuk memperoleh gambaran empirik mengenai pengaruh kemampuan membaca dan penguasaan teori sastra terhadap kemampuan menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Peneliti melakukan survei pada 60 sampel yang dipilih secara acak dari seluruh siswa di SMA 1 Cawang Baru dan SMA Karya Enam-Enam. Analisis data menggunakan teknik korelasional. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh sebagai berikut 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca dan penguasaan teori sastra secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis, diperoleh harga Fhitung  = 53,613>Ftabel = 1,67 pada tingkat signifikan 5%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Membaca terhadap kemampuan menulis, diperoleh harga thitung = 5,167>ttabel = 1,67 pada tingkat signifikan 5%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan teori sastra terhadap kemampuan menulis, diperoleh harga thitung = 5,924>ttabel  = 1,67 pada tingkat signifikan 5%.  Kata Kunci:Kemampuan Membaca, Penguasaan Teori Sastra, danKemampuan Menulis

Page 1 of 2 | Total Record : 16